Close Ad
AdBlocker Detected
adblocker detected
Calculatored depends on revenue from ads impressions to survive. If you find calculatored valuable, please consider disabling your ad blocker or pausing adblock for calculatored.

Kalkulator Hasil Persen

Results

Apa Yield?

Dalam kimia, Jumlah produk yang kita dapatkan dalam reaksi kimia disebut hasil atau hasil reaksi. Hasil juga berkaitan dengan

  • Hasil Mutlak
  • Persentase Hasil
  • Hasil Teoritis

Apa Persen Hasil?

Rasio persen dari hasil aktual terhadap hasil teoritis disebut sebagai definisi persen hasil atau persentase hasil. Persentase hasil biasanya lebih rendah dari 100%.

Apa itu Persen Hasil Formula?

Rumus persen hasil adalah karena persen hasil sama dengan hasil sebenarnya, dibagi dengan hasil teoritis dan dikalikan dengan 100%.

$$\text{Percent Yield}\;=\;$$

$$\frac{actual\;yield}{theoretical\;yield}\;\;* 100%$$

Estimasi mengharuskan Anda untuk memberikan dua dari tiga variabel, tetapi tidak masalah yang mana dua! Seperti persamaan lainnya, persamaan ini dapat diatur ulang untuk mencari variabel yang dibutuhkan.

Jangan khawatir, ini menjadi mudah karena kami telah membuat kalkulator persentase hasil; masukkan saja dua variabel yang diketahui untuk menemukan variabel yang tidak diketahui dalam pecahan. Sebelum menggunakan, lakukan keseimbangan persamaan Anda dengan Kalkulator Penyeimbang Persamaan Kimia.

Signifikansi Persen Hasil

Persen hasil cukup signifikan dalam pembuatan produk yang berbeda. Mari kita pertimbangkan proses pembuatan obat yang disebut "Aspirin". Hanya menghasilkan 1%, artinya prosesnya tidak efisien.

Ini digambarkan sebagai proporsi produksi riil terhadap teoretis. Ini menjelaskan kemanjuran reaksi kimia dan dipertimbangkan dalam berbagai eksperimen seperti dekomposisi sederhana suatu senyawa.

Singkatnya, kalkulator persentase hasil memberi tahu Anda keakuratan eksperimen Anda. Misalkan kondisi ideal, hasil proporsional Anda akan menjadi 100%.

Situasi yang disebutkan di atas sangat ideal, secara praktis tidak mungkin mendapatkan hasil 100%, Jika 100%, itu berarti Anda masih memiliki pelarut atau kontaminan pada produk akhir Anda.

Output proporsional akan kurang dari 100% karena perbedaan antara produksi aktual dan teoritis.

Hasil Aktual vs Hasil Teoritis

Sebagai perbandingan, hasil teoritis adalah jumlah produk yang diperoleh melalui konversi lengkap semua reaktan menjadi produk akhir, tanpa kehilangan reaktan.

Hasil sebenarnya kurang dari hasil teoritis, karena hanya sedikit reaksi yang maju menuju penyelesaian. Beberapa bagian produk tidak diperoleh kembali pada akhir reaksi.

Misalnya, jika Anda memulihkan beberapa endapan suatu produk, Anda mungkin kehilangan bagian lainnya karena penyaringan yang tidak tepat. Selama proses filtrasi, beberapa bagian produk mungkin tidak tersaring dan tertinggal di kertas kasa.

Pelajari tentang apa itu hasil teoritis dan bagaimana menghitung hasil teoritis dengan Kalkulator Hasil Teoritis.

Bagaimana menemukan Percent Yield?

Untuk menentukan hasil dan menghitung persentase hasil, Anda memerlukan dua hal, hasil aktual dan hasil teoretis.

Anda perlu mencari mol atau konsentrasi dalam gram reaktan untuk mendapatkan hasil teoretis. Pastikan Anda mengubah konsentrasi menjadi satu unit: bisa gram atau mol. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan Kalkulator Gram ke Mol sebelum melanjutkan.

Anggaplah Anda memiliki kedua nilai tersebut; bagaimana Anda menemukan hasilnya?

  • Ketahui bobot kedua nilai (satuan yang sama)
  • Bagilah hasil aktual dengan hasil teoretis.
  • Sekarang, kalikan nilainya dengan 100 untuk mendapatkan jawabannya.

Selesai, tidak terlalu rumit kan! Atau Anda bisa memanfaatkan kalkulator hasil persentase pintar kami untuk menemukannya dengan mudah dan cepat.

Poin penting tentang nilai yang diperoleh; mungkin memiliki nilai di atas 100%, tetapi ini karena adanya pelarut dalam sampel Anda serta dalam produk akhir Anda.

Salah satu solusinya adalah mengeringkan produk secara menyeluruh lalu menimbangnya kembali untuk mendapatkan nilai sebenarnya. Persyaratan yang tepat adalah 70-90% atau lebih tetapi tidak pernah 100%.

Contoh Menghitung Hasil Persen

Misalkan Anda melakukan reaksi adisi nukleofilik, menggunakan aseton dan natrium sianida untuk menghasilkan hidroksiasetonitril.

The Percent Yield Calculator

Untuk saat ini, abaikan saja pelarut di bawah panah; Anda mereaksikan 7g aseton dengan 3g sianida, menghasilkan produksi hipotetis 8.54g hidroksilasetonitril.

Sekarang jika Anda melakukan percobaan dan mendapatkan hasil aktual 7,58g hidroksilaktenitril, berapa persen hasil?

Anda memiliki nilai yang diperlukan karena hasil aktual adalah 7,58 g, dan hasil teoretis adalah 8,54g. Sekarang gunakan persamaan berikut:

Persen hasil = (Massa aktual dari produk yang diinginkan / Massa hipotetis) × 100

= (7,58 / 8,54) × 100 = 88,75%

Itu dia: 88,75%. Itu reaksi yang cukup manjur! Jika Anda mendapatkan hasil yang rendah, periksa setengah persamaan awal Anda secara manual atau gunakan Kalkulator Setengah Hidup.

Bagaimana cara menghitung Persen Hasil dengan Kalkulator Hasil Persen?

Pelajari cara menghitung persentase hasil dengan mudah. Kalkulator persen hasil kami menggunakan persamaan persen hasil & rumus persen hasil untuk memberikan nilai sebenarnya dari persen hasil.

Untuk menghitung persen hasil, lakukan langkah-langkah berikut

  • Masukkan nilai hasil teoritis
  • Cantumkan nilai hasil sebenarnya
  • Tekan "Hitung"

Kalkulator persentase hasil kami akan menunjukkan hasil yang akurat. Jika Anda ingin memeriksa fraksi mol, gunakan Kalkulator Fraksi Mol kami.

Kami harap Anda menyukai pekerjaan kami, berikan masukan agar kami dapat terus meningkatkan diri. Semoga sukses, Cheers!


Kirimkan Review Anda