× Dark Mode
Close Ad

Kalkulator Hasil Teoritis

Limiting reagent
Desired product

Results

Apa hasilnya?

Setelah reaksi kimia, jumlah produk yang kita peroleh disebut hasil atau hasil reaksi. Ini memiliki 2 tipe utama

  • Hasil Teoritis
  • Hasil Aktual

Berapa hasil teoritis?

Ini adalah jumlah maksimum produk yang dapat diperoleh dalam reaksi kimia (dihitung dari reagen pembatas). Jadi yield teoritis merupakan sesuatu yang hampir tidak pernah diperoleh karena yield teoritis dapat diperoleh dalam kondisi yang sempurna.

Kondisi sempurna berarti tidak ada produk yang hilang dalam proses tersebut, artinya; tidak ada kotoran yang tercampur dalam reaktan, tidak ada produksi produk samping yang tidak diharapkan dan tidak ada produk yang hilang karena pengukuran, dll. Untuk penyeimbangan persamaan, gunakan Kalkulator Penyeimbang Persamaan Kimia.

Apa hasil sebenarnya?

Ini adalah jumlah produk yang sebenarnya diperoleh dari reaksi kimia (harus ditentukan secara eksperimental, tidak dapat dihitung - tidak pernah lebih dari hasil teoritis).

Apa yang membatasi reagen?

Reagen pembatas adalah reagen yang akan digunakan sepenuhnya, sehingga membatasi luasnya reaksi.

Berapa persen hasil?

Persen hasil adalah rasio hasil aktual dengan hasil teoritis.

$$\text{Percent Yield}\;=\;$$

$$\frac{actual\;yield}{theoretical\;yield}\;\;* 100%$$

Untuk mempelajari tentang persen hasil dan untuk menghitung persen hasil pada run time, gunakan Percent Yield Calculator.

Bagaimana menemukan Hasil Teoritis?

Untuk menentukan hasil teoretis dari setiap reaksi kimia, kalikan jumlah mol dengan berat molekul. Hasil teoritis akan dihitung dalam gram karena menggunakan persamaan hasil teoritis dan merupakan jumlah produk yang diharapkan.

Sekarang kita akan menyelesaikan contoh dengan rumus hasil teoritis agar lebih jelas. Untuk mempelajari tentang gram & mol dan menghitung nilainya, gunakan Gram untuk Kalkulator Mol.

Bagaimana Menghitung Hasil Teoritis?

Di sini, saya akan menjelaskan cara menghitung hasil teoretis selangkah demi selangkah. Ada beberapa langkah; dengan mengikutinya kita dapat menghitung berapa gram produk yang dapat diproduksi setiap reagen.

Langkah 1:
Persamaan kimia harus merupakan persamaan yang seimbang

Langkah 2:
Tentukan rasio mol antara reaktan dan produk

Langkah 3:
Sekarang hitung hasil teoritis dengan bantuan informasi di atas.

Contoh:

3,45g CH3Br direaksikan dengan 5,23g NaOH

Hitung hasil teoritis NaBr menurut persamaan kimia seimbang berikut.

$$CH_3Br\;+\;NaOH\;\rightarrow\;$$

$$CH_3OH\;+\;NaBr$$

Kita perlu mencari tahu berapa mol dari setiap reagen yang ada sehingga kita dapat menemukan reagen pembatas.

Pertama, kita akan mengubah reagen yang terdaftar dari gram menjadi mol. Selanjutnya, kita akan mencari berapa mol produk yang dapat kita bentuk dengan jumlah mol pereaksi kita. Kita dapat melakukan ini semua hanya dalam satu langkah dengan sedikit analisis dimensi.

$$3.45g\;\;CH_3Br\;*\;$$

$$\frac{1\;mole\;CH_3Br}{94.94g\;CH_3Br}\;*\;\frac{1\;mole\;NaBr}{1\;mole\;CH_3Br}$$

$$=0.0363\;\text{moles}\;NaBr$$

Sekarang kita akan melakukan hal yang sama untuk natrium hidroksida

$$5.23g\;\;NaOH\;*\;$$

$$\frac{1\;mole\;NaOH}{39.99g\;NaOH}\;*\;\frac{1\;mole\;NaBr}{1\;mole\;NaOH}$$

$$=0.1308\;\text{moles}\;NaBr$$

$$0.0363\;\;<\;\;0.1308$$

Kita dapat melihat bahwa 3,45 gram metil bromida akan menghasilkan lebih sedikit mol brom daripada hidroksida dan dengan demikian, semua metil bromida akan bereaksi dengan sempurna. Oleh karena itu, metil bromida adalah reagen pembatas kami.

Hasil teoritis ini memberi tahu kita berapa banyak produk yang harus kita hasilkan jika reaksi kita berjalan sampai selesai. Jadi, setelah menggunakan semua metil bromida, kita mendapatkan 0,0363 mol brom; inilah hasil teoretis kami.

Kita dapat menggunakan hasil teoritis ini saat melakukan percobaan, bersama dengan hasil aktual yang diukur, untuk menghitung persentase hasil.

Sekarang, mari kita cari tahu berapa hasil teoretis dalam satuan gram.

$$0.0363\;\text{moles}\;NaBr\;*\;$$

$$39.99\;\frac{g}{mol}\;=\;1.452g\;NaBr$$

Kami melihat diharapkan ada 1,452 gram produk natrium bromida.

Untuk menghitung persen hasil, Anda cukup mengambil hasil aktual 1.099 gram natrium bromida, dibagi dengan hasil teoritis 1.452 gram natrium bromida.

$$\frac{1.099g\;NaBr}{1.452g\;NaBr}\;*\;100\;=\;75.69% yield$$

Kalkulator hasil teoretis bekerja dengan cara ini. Artikel ini akan sangat membantu untuk memahami cara kerja alat bermanfaat ini.

Terima kasih telah tinggal bersama kami.

Bagaimana menemukan Hasil Teoritis dengan Kalkulator Hasil Teoritis?

Apakah Anda menghadapi masalah terkait perhitungan produk reaksi kimia? Kalkulator hasil teoritis berguna untuk menghitung berat reaktan yang akan Anda gunakan ke dalam proses, mencari rasio mol dan berat molar kemudian memasukkannya ke dalam kalkulator.

Untuk menemukan fraksi mol saja, kami memiliki Kalkulator Fraksi Mol untuk Anda. Ini akan memberi tahu Anda berapa gram produk yang dihasilkan dalam reaksi ini. Kalkulator ini sangat mudah digunakan. Ini hanya membutuhkan persamaan hasil dan menyelesaikannya dan memberikan hasil teoritis dalam hasilnya.

Kalkulator hasil teoretis kami juga dapat ditemukan dengan nama "kalkulator reaktan pembatas" atau "kalkulator reagen pembatas". Anda juga bisa mendapatkan bantuan berguna dari Half Life Calculator mengenai proses peluruhan radioaktif.

Saya harap Anda menyukai artikel dan kalkulator kami, berikan umpan balik Anda yang berharga agar kami dapat terus meningkatkannya. Terima kasih!


Kirimkan Review Anda