Close Ad
AdBlocker Detected
adblocker detected
Calculatored depends on revenue from ads impressions to survive. If you find calculatored valuable, please consider disabling your ad blocker or pausing adblock for calculatored.

Kalkulator Volume Kerucut

Results

Kalkulator volume kerucut dapat membantu tidak hanya memecahkan masalah sekolah tetapi juga dapat membantu Anda menemukan beberapa fakta menarik seperti berapa banyak es krim yang dapat dimasukkan ke dalam kerucut. Jadi jika Anda adalah orang yang suka menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti itu, pasti volume kalkulator kerucut dapat banyak membantu Anda.

Menemukan volume kerucut atau piramida adalah latihan numerik yang luar biasa dan membutuhkan kalkulator atau informasi yang layak di tabel waktu. Jika kita membayangkan prisma, kerucut, piramida, atau bertubuh serupa, volumenya selalu sepertiga dari volume prisma,

yang memberi kita rumus

$$V = Base Area * Height ÷3$$ atau $$volume = \frac{1}{3} * π * r^² * h$$

Apa perbedaan antara kerucut dan piramida?

Masukkan kerucut dan piramida yang terpotong. Dalam istilah dasar, kerucut atau piramida terpotong adalah keseluruhan dengan bagian atas dikeluarkan.

Jika potongannya dibuat sejajar dengan alasnya, maka bentuk tersebut pada dasarnya disebut 'terpotong'. Jika potongannya tidak sejajar dengan alasnya disebut 'dipotong miring', tetapi bentuk ini memiliki kegunaan yang lebih sedikit dalam konstruksi objek fisik daripada bentuk penuh.

Tips Mengukur Volume

Volume dianggap sebagai ukuran berapa banyak barang tertentu membutuhkan ruang. Volume sering digunakan oleh banyak orang sebagai istilah untuk menggambarkan cairan. Namun, itu juga dapat digunakan untuk item lain yang memiliki perkiraan volume. Kali ini, kami akan memberi Anda beberapa tip penting untuk mengukur volume benda apa pun.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggambar prisma persegi panjang, kubus, dan kerucut di selembar kertas. Anda dapat menggunakan kertas grafik untuk membantu Anda menjaga hal-hal pada skala konstan untuk mendapatkan interpretasi yang lebih baik. Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan rumus untuk mendapatkan volume berbagai bentuk. Setelah itu, Anda harus mengalikan tinggi dengan lebar dengan panjang kubus untuk mendapatkan volumenya.

Hal ketiga yang harus Anda lakukan adalah menemukan silinder ukur untuk mengukur benda fisik seperti pensil, bola, atau penjepit kertas. Kemudian, Anda perlu menambahkan sejumlah air ke gelas ukur ini. Anda hanya perlu menambahkan air secukupnya agar air dapat menutupi benda sepenuhnya saat Anda menambahkan benda ini ke dalam air. Selain itu, Anda harus membuat catatan di mana letak bagian atas air pada silinder ukur.

Hal keempat adalah memasukkan benda Anda ke dalam air. Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa air dapat naik lebih tinggi dalam silinder ukur. Jangan lupa untuk mencatat pengukuran ini juga.

Terakhir, Anda hanya perlu menentukan selisih keduanya dan itu adalah volume benda yang Anda ukur. Nah, sekarang Anda bisa mulai mengikuti tips di atas dan mendapatkan volume benda tertentu yang ingin Anda ukur.

Bagaimana cara mencari luas permukaan kerucut?

Jika Anda pernah membaca tentang prisma dan piramida, Anda pasti tahu bahwa mereka mirip satu sama lain dan memiliki rumus yang mirip. Hal yang sama berlaku untuk silinder dan kerucut. Perbedaannya adalah masalah satu alas (kerucut) versus 2 alas (silinder).

Rumus Luas Permukaan Kerucut: SA = B + LA, di mana SA mengacu pada luas permukaan, B mengacu pada AREA alas, dan LA mengacu pada luas lateral.

Rumus untuk mencari luas permukaan kerucut ini sama persis dengan rumus awal limas. Namun kali ini, segalanya berbeda. Bentuk yang kita dapatkan ketika kita membuka kerucut kita BUKAN salah satu poligon yang telah dipelajari sebelumnya dan kita akan membutuhkan beberapa terminologi baru.

Untuk kerucut, alasnya adalah lingkaran, jadi perubahan pertama ke rumus awal terlihat seperti ini

$$SA = π r^2 + LA$$

Area lateral inilah yang akan membuat kita kesulitan.

Apa itu Volume Kerucut Miring?

Kerucut miring adalah kerucut dengan puncak yang tidak disesuaikan dengan titik fokus alasnya. Sebagian besar miring ke satu sisi seperti silinder miring. Tetapi Anda dapat menghitung volume kerucut miring menggunakan rumus volume kerucut standar atau kalkulator volume kerucut kami.

Bagaimana cara menghitung volume kerucut?

Seperti yang kita temukan rumus kerucut sebelumnya, jadi berdasarkan rumus itu, mari kita hitung berapa banyak volume yang bisa Anda masukkan ke dalam kerucut. Memecahkan masalah seperti itu di halaman atau dengan tangan menjadi cukup sulit tetapi kalkulator volume kerucut ini dapat membantu Anda dalam hal ini. Volume kalkulator kerucut ini bekerja berdasarkan prinsip dasar volume untuk memberi Anda hasil yang akurat. Untuk menggunakan kalkulator kerucut volume ini, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut

  • Masukkan "Radius" di Lapangan
  • Masukkan "Tinggi" di Kolom Kedua
  • Pilih Parameter "Panjang"
  • Klik pada Tombol "Hitung"

Setelah mengklik tombol "Hitung" pada kalkulator volume kerucut ini, Anda akan mendapatkan hasilnya dalam beberapa detik. Kalkulator volume kerucut kami mengalahkan setiap volume online lainnya dari kalkulator kerucut karena UI yang mudah dipahami dan bebas biaya penggunaan.


Kirimkan Review Anda