Close Ad

Kalkulator Depresiasi

Results

Apakah Anda mencari sesuatu untuk membantu Anda menentukan penurunan nilai aset Anda? Nah, pencarian Anda sudah selesai. Kalkulator depresiasi kami akan memperkirakannya untuk Anda dengan sangat cepat dan mudah. Ini dirancang untuk memperkirakan deklinasi aset, dengan mempertimbangkan biaya pembelian, nilai sisa dan tahun.

Setelah Anda menghitung penurunan nilai, bisnis Anda akan dapat membelanjakan sebagian dari biaya properti Anda setiap tahun selama periode pemulihannya.

Kalkulator depresiasi ini cukup berguna dalam akuntansi. Ini dirancang untuk melakukan operasi berdasarkan; metode garis lurus, saldo menurun, atau penjumlahan angka tahun. Anda juga dapat menghitung depresiasi sebagian tahun dengan menetapkan tanggal akuntansi apa pun.

Apa itu Depresiasi?

Menurut definisi, ini adalah penurunan nilai aset selama waktu tertentu, karena beberapa elemen alam yang tidak dapat dihindari seperti keausan. Misalnya, pembuat popcorn mengalami depresiasi ketika efisiensinya untuk memproduksi popcorn berkurang setiap tahun, atau baterai laptop dikatakan mengalami depresiasi setiap tahun, dengan pengurangan waktu baterai.

Dalam akuntansi, sebagian besar, ini tentang mengalokasikan biaya aset selama periode waktu, biasanya untuk umurnya yang berharga. Kapan pun perusahaan membeli aset, seperti alat apa pun, pengadaan semacam itu dalam jumlah besar dapat membuat laporan laba rugi menjadi membingungkan. Ini dapat dikelola dengan membebankan harta selama masa hidupnya yang berharga dengan bantuan kalkulator biaya penyusutan kami.

Sarana penghitungan:

Ada banyak cara untuk mendistribusikan jumlah devaluasi selama masa manfaat suatu aset. Tidak peduli teknik mana yang diterapkan, jumlah penurunannya sama untuk semua metode, hanya perubahan pada waktu penurunan nilai. Perhatikan bahwa metode yang lebih cepat (seperti jumlah digit tahun dan saldo menurun) dapat mengurangi laba secara berlebihan pada awalnya diikuti dengan keuntungan yang lebih tinggi di klasemen selanjutnya, yang dapat memengaruhi arus kas yang dinyatakan.

1) Model garis lurus:

Ini adalah cara paling umum dan paling sederhana untuk menghitung penyusutan. Ini adalah cara yang efektif untuk mendistribusikan biaya secara merata selama masa manfaat aset. Rumusnya dinyatakan sebagai:

Penyusutan / tahun = biaya aset- nilai sisa / masa manfaat

misalnya 1500 $ - 300 $ / 5 = 240 $ / tahun

Nilai Salvage adalah nilai suatu aset, diperkirakan pada akhir masa pakainya. Ketika suatu produk telah melampaui kapasitas kerjanya, nilai yang tersisa disebut nilai sisa atau nilai sisa. Kurangi nilai ini dari harga pembelian aset kemudian bagi masa manfaatnya, mis. 5 tahun

2) Model Neraca Penurunan

Untuk beberapa aset tertentu, aset baru yang tidak digunakan terdepresiasi lebih cepat daripada aset lama. Karena aset ini digunakan di masa depan, tingkat penurunannya melambat seiring waktu. Dalam kondisi seperti ini, metode yang lebih akurat untuk mencerminkan nilai buku setiap tahun adalah metode saldo menurun.

Penyusutan / tahun = Nilai buku × tarif

Saldo menurun ganda adalah metode saldo menurun yang paling banyak digunakan, memiliki nilai penurunan dua kali lipat dari tarif garis lurus. Faktor 2 digunakan dalam perhitungan. Untuk metode ini nilai sisa tidak diperlukan dalam estimasi. Padahal, tingkat pengurangan berhenti setelah nilai buku sama dengan nilai sisa.

Nilai buku: Dalam akuntansi, nilai buku merupakan nilai barang berharga di neraca. Ini adalah selisih total aset perusahaan dan kewajibannya.

3) SYD (Jumlah digit tahun)

Sebanding dengan model saldo menurun, SYD menghitung devaluasi aset yang cenderung lebih cepat habis nilainya saat aset tersebut masih baru. Biasanya metode ini lebih cocok daripada metode garis lurus untuk beberapa aset yang memiliki kapasitas lebih besar untuk berproduksi di tahun-tahun sebelumnya, tetapi perlahan-lahan kehilangan afinitas untuk berproduksi seiring bertambahnya usia.

Depresiasi untuk Tahun Ini = (Biaya aset - Nilai Sisa) * faktor

Tahun pertama: faktor = n / (1 + 2 + 3 + ... + n)

tahun kedua: faktor = (n-1) / (1 + 2 + 3 + ... + n)

Tahun ketiga: faktor = (n-2) / (1 + 2 + 3 + ... + n)

.....

tahun lalu: faktor = 1 / (1 + 2 + 3 + ... + n)

Melelahkan kan? Jangan khawatir! Dengan kalkulator depresiasi kami di tangan, Anda dapat menghitung deklinasi secepat kilat, menghemat waktu berharga Anda.

Model Tahun Parsial

Pada awal tahun buku tidak semua aset berguna dapat dibeli dengan mudah yang dapat mempersulit perhitungan. Bergantung pada beberapa aturan akuntansi yang beragam, Anda dapat menangani dengan cara yang berbeda dengan menipisnya semua aset yang jatuh di tengah tahun fiskal.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan metode tahun parsial, di mana penurunan nilai dihitung secara akurat ketika aset mulai bekerja dan program yang dijadwalkan di mana penurunan nilai terjadi. Untuk menghitungnya, cukup pilih opsi ya sebagai masukan untuk menggunakan pendekatan tahun parsial.

Kalkulator kami akan terbukti berguna untuk memudahkan penghitungan depresiasi aset, menggunakan salah satu metode yang disebutkan sebelumnya yang memenuhi persyaratan Anda di bidang akuntansi dan keuangan.


Kirimkan Review Anda