Close Ad
AdBlocker Detected
adblocker detected
Calculatored depends on revenue from ads impressions to survive. If you find calculatored valuable, please consider disabling your ad blocker or pausing adblock for calculatored.

Kalkulator Nilai

Results

Apakah Anda mengkhawatirkan kinerja Anda dalam ujian? Ingin memperkirakan nilai rata-rata yang Anda harapkan?

Baik! Kami memiliki alat yang luar biasa untuk Anda, kami mempersembahkan kepada Anda kalkulator nilai. Gadget kami yang mudah digunakan akan memungkinkan Anda memperkirakan skor ujian Anda secara efisien sehingga Anda dapat tetap fokus pada tujuan Anda, dan untuk mengetahui apa yang diperlukan untuk mencapai peringkat yang Anda inginkan.

Guru juga dapat memanfaatkan kalkulator ini, untuk menyiapkan laporan akhir bagi siswa. Pada artikel ini, kami akan memandu Anda mengenai konsep rata-rata tertimbang, perkiraannya dan cara menghitung nilai akhir dengan menggunakan kalkulator nilai tertimbang?

Rata-rata Tertimbang:

Saat menghitung rata-rata sederhana, atau mean, semua angka diperlakukan sama dan diberi bobot yang sama. Di sisi lain, rata-rata tertimbang memberikan bobot yang mengatur signifikansi relatif dari setiap titik data.

Rata-rata tertimbang sebagian besar dihitung untuk menyeimbangkan frekuensi nilai dalam kumpulan data. Misalnya, survei mungkin mendapatkan tanggapan yang memadai dari semua kelompok usia dan dapat dianggap valid secara statistik, tetapi kelompok usia 20-35 mungkin memiliki lebih sedikit responden dibandingkan dengan kelompok lain dalam sampel Populasi. Tim survei dapat menilai hasil usia 20-35 berdasarkan proporsi mereka dalam Populasi penelitian.

Namun, kumpulan data mungkin diberi peringkat untuk alasan lain selain tingkat kemunculannya. Misalnya, jika siswa di kelas musik dinilai berdasarkan bakat, kehadiran, dan etiket, skor untuk bakat dapat diberikan bobot yang lebih besar daripada faktor lainnya. Dengan cara yang sama, kursus yang berbeda memiliki kepentingan yang berbeda-beda dalam hal poin yang ditambahkan ke hasil akhir. Bahkan, dalam sebuah kursus, proyek, teori dan praktik dinilai sesuai dengan bobotnya.

Bagaimana Menghitung Rata-Rata Tertimbang?

Untuk menghitungnya, Anda harus mengalikan setiap nilai data dengan bobot yang ditetapkan, yang kemudian dijumlahkan dan dibagi dengan jumlah poin yang ditetapkan. Angka rata-rata akhir menunjukkan posisi relatif setiap observasi dan dengan demikian lebih efektif daripada rata-rata sederhana. Ini juga menanamkan efek menghaluskan data dan meningkatkan akurasinya.

Rata-rata Tertimbang
Titik Data Nilai Poin Data Bobot yang Ditetapkan Nilai Tertimbang
1 20 2 40
1 30 3 90
1 50 5 250
TOTAL 5100   380
Rata-rata     380/10 = 38

Nilai tertimbang dinyatakan sebagai jumlah produk dari bobot (diberikan dalam persen) kali nilai (g):

Rata-rata tertimbang = w1 × g1 + w2 × g2 + w3 × g3

Jika bobot tidak diberikan dalam persen, Anda harus membagi dengan jumlahnya: = (w1 × g1 + w2 × g2 + w3 × g3) / (w1 + w2 + w3)

Contoh:

4 poin mata kuliah Fisika dengan nilai 80
3 poin kursus Kimia dengan nilai 72.
2 poin kursus Matematika dengan nilai 90.
Nilai dihitung sebagai:
Kelas tertimbang = (4 × 80 + 3 × 72 + 2 × 90) / (4 + 3 + 2) = 79,5

Bagaimana menemukan rata-rata tertimbang menggunakan kalkulator kami?

Kalkulator rata-rata tertimbang kami digunakan untuk menghitung nilai rata-rata semester keseluruhan untuk kursus yang memiliki bobot berbeda terkait kredit. Penghitungan tepat yang kami gunakan dapat diterapkan ke kumpulan data atau angka apa pun, terlepas dari apakah bobotnya berbeda atau tidak. Anda dapat memperkirakan rata-rata ini untuk proyek, kursus, atau bahkan semester tahun sebelumnya.

Untuk menghitungnya menggunakan kalkulator skor tertimbang kami, cukup tambahkan nilai yang diperlukan dalam persen dan atur bobot untuk setiap kelas. Alat pintar kami akan menghitung hasil untuk Anda dalam hitungan detik. Anda juga dapat menemukan nilai yang diperlukan dengan menempatkan nilai rata-rata yang diinginkan.

Perhitungan Nilai Akhir:

Kebanyakan sistem penilaian kelas terdiri dari beberapa kategori: tugas, tes / kuis, praktikum, dan ujian akhir. Biasanya, setiap kategori memiliki proporsi nilai total Anda. Karena ujian akhir tidak dinilai sampai akhir semester, itu tidak disertakan saat memperkirakan kinerja Anda saat ini secara keseluruhan.

Sebagai gantinya, semua pengelompokan lainnya ditingkatkan skalanya untuk menyeimbangkan bobot yang disediakan untuk ujian akhir. Oleh karena itu, Anda dapat menghitung nilai minimum yang harus Anda nilai pada ujian akhir menggunakan rumus:

Nilai ujian akhir = (nilai yang diinginkan - (100% - w) × nilai saat ini) / w W = bobot ujian akhir

Contoh:

Pertimbangkan sebuah contoh, dengan nilai yang diinginkan sebesar 90%

Misalkan nilai Sekarang adalah 80, bobot ujian adalah 60%.

Perhitungan:

Nilai ujian akhir = (90% - (100% - 60%) × 80%) / 60% = 72,5%

Tidak ingat formula? Jangan khawatir! Cukup masukkan bidang wajib di kalkulator kelas kami dan dapatkan nilai yang diinginkan dengan kecepatan dan presisi. Kami optimis bahwa artikel dan kalkulator kami ini akan bermanfaat bagi Anda dalam memprediksi skor akhir Anda. Semoga berhasil!


Kirimkan Review Anda

Average user rating

5 / 5

Nabiilah
2021-Jul-18
Bagus
elvina
2021-Jul-18
sjsjajkskaka