× Dark Mode
Close Ad

Kalkulator Volume Silinder

Results

Pengantar Silinder "Contoh Kehidupan Nyata"

Silinder adalah salah satu bentuk yang paling umum digunakan. Jika Anda sedang minum teh sekarang, Anda memegang sebuah silinder. Segala sesuatu yang kita temui dalam kehidupan rutin kita sebagian besar didasarkan pada bentuk silinder. Seperti barang kaleng di dapur Anda adalah silinder.

Bentuk silinder dapat bervariasi dari tinggi ke sempit, faktor bentuk tergantung pada tujuan penggunaannya. Tapi selalu ingat, alasnya akan selalu sejajar untuk silinder karena menggunakan rumus volume silinder.

Jika Anda pernah membuka gulungan silinder, Anda akan menemukan sisi silinder adalah persegi panjang. Jika Anda tidak terbiasa dengan panjang persegi panjang, gunakan "Kalkulator Area Persegi" untuk mempelajarinya.

Jenis Silinder "Silinder Kanan dan Miring"

Ada dua jenis silinder yang paling sering dibahas dalam geometri, Silinder Kanan dan Silinder Miring. Mari kita bahas keduanya satu per satu.

Silinder Kanan: Jika Anda menemukan dua alas tepat di atas satu sama lain tanpa defleksi dan sumbu siku-siku ke alas, ini dikenal sebagai Silinder Kanan. Silinder siku-siku memiliki faktor bentuk lurus di sebagian besar kasus dengan sudut sumbu yang sempurna di alas atau tengah.

Silinder Kanan

Cylinder Volume Calculator

Silinder Miring: Dalam kasus silinder miring, satu sisi alas silinder dipindahkan ke samping. Sumbu itu sejajar tetapi tidak tepat di sudut-sudut alas. Itulah mengapa disebut silinder miring.

Silinder Miring

Cylinder Volume Calculator

Bagaimana Menemukan Luas Permukaan dan Bagaimana Menemukan Volume Silinder? Hubungan Silinder dengan Prisma

Silinder mirip dengan prisma karena keduanya memiliki dua alas, atas dan bawah yang bisa miring dan kanan. Jadi jika anda sudah mengetahui rumus-rumus luas permukaan dan volume prisma, maka volume silinder mudah untuk dipahami.

Rumus luas permukaan dan volume rumus silinder memiliki format yang mirip dengan rumus prisma. Tetapi tidak seperti prisma yang memiliki banyak sisi samping karena sifat poligonnya untuk alas, silinder hanya memiliki satu permukaan lateral karena lingkarannya untuk alas.

Karena silinder volume dan prisma sangat mirip, awalnya kita dapat menggunakan rumus yang sama untuk luas permukaan. Jika Anda ingin mendapatkan nilai rata-rata dari angka-angka tersebut sebelum menghitung, gunakan Kalkulator Rata-rata untuk tujuan ini.

Rumus Luas Permukaan Silinder: $$SA = 2B + LA$$

dimana,
SA mengacu pada luas permukaan,
B mengacu pada AREA basis,
dan
LA mengacu pada area lateral.

Selama Anda mengetahui rumus keliling dan luas lingkaran, Anda dapat melanjutkan mengerjakan rumus awal dengan substitusi tanpa harus menghafal apa pun lagi.

Ingatlah untuk mengucapkan rumus dengan kata-kata dan gantilah apa yang Anda katakan ke dalam rumus volume silinder. Luas permukaan silinder sama dengan dua kali luas alas ditambah luas sisi samping silinder.

Karena alas adalah lingkaran dan permukaan sampingnya adalah persegi panjang, rumusnya berubah menjadi

$$SA = 2(pi r^2) + (2 pi r) h$$

Catatan: Jangan repot-repot menghafal bentuk rumus ini. Hanya perlu beberapa detik untuk membuatnya kembali. Hal yang sama berlaku untuk rumus volume.

Rumus Volume Silinder:

$$A = B h$$

di mana A adalah luas, B adalah luas alas, dan "h" adalah tinggi silinder. Hafalkan rumus ini dan gantikan rumus lingkaran yang sesuai. Hasilnya adalah

$$A = (pi r^2) h$$

Tinggi Silinder: Jarak tegak lurus antara alas silinder disebut dengan tinggi dan dilambangkan dengan huruf “h”.

Jari-jari Silinder: Jari-jari alas disebut jari-jari silinder dilambangkan dengan kata “r”.

Sumbu Silinder: Garis-A yang menghubungkan bagian tengah setiap sisi silinder disebut sumbu. Untuk menemukan angka gradien yang menentukan kecuraman & arah garis, gunakan "Slope Calculator".

Hal-hal yang perlu diingat saat menghitung luas permukaan dan Volume Silinder

  • Luas permukaan silinder harus diberi label sebagai satuan persegi
  • Volume silinder harus diberi label sebagai unit kubik
  • Bentuk jawaban akhirnya bisa berupa pi, yang persis, atau Anda akan menggunakan tombol pi pada kalkulator Anda untuk pendekatan desimal. Untuk aplikasi kehidupan nyata, kami menginginkan jawaban desimal. Tanyakan kepada guru Anda tentang membulatkan desimal, dan jangan lupa tentang labelnya.

Kalkulator Volume Silinder

Kami dapat mengklaim bahwa menghitung volume silinder adalah kesulitan yang signifikan bagi kebanyakan orang, terutama kaum muda dan siswa, dan itu hanya akan menjadi lebih buruk untuk beberapa nilai dan angka.

Jadi, jika Anda adalah orang yang tidak dapat menemukan solusi yang tepat untuk menghitung volume silinder untuk masalah yang rumit hingga saat ini. Maka, kalkulator volume silinder ini seperti berkah bagi Anda. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menggunakan volume kalkulator silinder yang dapat Anda temukan online.

Desain sederhana kalkulator silinder kami dengan antarmuka pengguna yang mudah dimengerti memudahkan semua orang untuk mengoperasikan kalkulator volume silinder kami tanpa kerumitan.

Kalkulator volume silinder kami mengalahkan kalkulator volume silinder lainnya dalam hal keandalan dan hasil produksi.

Kami menggunakan pendekatan terbaru untuk meningkatkan kinerja kalkulator volume silinder sehingga dapat memberi Anda volume silinder dalam beberapa detik setelah memasukkan nilai.

Bagaimana cara menggunakan Kalkulator Volume Silinder kami?

Jika Anda pernah menggunakan kalkulator standar untuk tujuan apa pun, maka kalkulator volume silinder sesederhana mengoperasikan kalkulator standar lainnya.

Anda hanya perlu memasukkan nilai jari-jari “r” dan tinggi “h” di kotak yang relevan, dan Anda siap untuk mencari volume silinder menggunakan kalkulator volume silinder kami.

Selain itu, kalkulator volume silinder kami benar-benar gratis untuk digunakan dan tidak memiliki langganan atau biaya tersembunyi.

Penerapan Silinder "Penggunaan di Kehidupan Nyata"

Seperti yang kita ketahui, silinder memiliki semua gambar tiga dimensi. Jadi, penggunaan silinder yang paling umum dalam kehidupan nyata adalah mengemas material, logam atau karton yang dibutuhkan untuk membuat silinder.

da penggunaan silinder lain dalam kehidupan nyata, tetapi untuk sebagian besar waktu, volume silinder digunakan untuk tujuan pengemasan.

Tolong beri kami review dan umpan balik.


Kirimkan Review Anda