Close Ad
AdBlocker Detected
adblocker detected
Calculatored depends on revenue from ads impressions to survive. If you find calculatored valuable, please consider disabling your ad blocker or pausing adblock for calculatored.

Kalkulator Penjumlahan

Result

=
=

Pengantar Kalkulator Penjumlahan

Kalkulator penjumlahan adalah alat online yang dirancang sedemikian rupa sehingga secara akurat memecahkan dan menulis seri dalam notasi sigma. Kalkulator notasi penjumlahan memudahkan semua orang untuk mendapatkan hasil yang instan dan akurat. Kalkulator rumus penjumlahan ini menghemat waktu yang kita habiskan untuk melakukan perhitungan manual. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kalkulator jumlah sigma ini, lihat tutorial lengkap sehingga Anda dapat mengetahui lebih banyak tentangnya secara detail.

Apa itu Penjumlahan?

Jumlah deret atau penjumlahan barisan dapat didefinisikan sebagai penjumlahan himpunan nilai / angka dalam bentuk atau deret yang diurutkan. Penjumlahan urutan memiliki dua jenis urutan yang dikenal sebagai rangkaian terbatas dan rangkaian tidak terbatas.

Urutan berhingga akan memiliki batas atas dan batas bawah (nilai pertama dan terakhir) dan urutan tak terbatas akan terus berlanjut tanpa batas dalam rangkaian. Seri ke kalkulator notasi sigma menggunakan batas atas dan batas bawah untuk menghitung hasil.

Urutan properti penjumlahan dan urutan aritmatika adalah konsep yang berbeda. Jika Anda ingin mempelajari urutan aritmatika, cobalah Kalkulator Urutan Aritmatika.

Notasi Penjumlahan dengan Contoh

Arti Penjumlahan (Σ) hanya untuk "menjumlahkan". Misalnya, Anda memiliki 4 item dalam satu kumpulan data: 1,2,5,7 Anda dapat menganggap bahwa nilai-nilai ini ditempatkan pada sumbu x yang juga disebut nilai-x. Jika Anda diminta untuk menjumlahkan semua item dalam notasi penjumlahan, Anda akan melihat bahwa:

Summation Calculator

Ketika kita menggunakan properti penjumlahan, X1 berarti "nilai x pertama", X2 berarti "nilai x kedua" dan seterusnya sampai akhir. Kalkulator notasi seri ke sigma menggunakan semua properti penjumlahan untuk menghitung hasil. Misalnya, Anda memiliki daftar bobot: 50kg, 100kg, 150kg, dan 200kg. Bobot dan nilai x yang sesuai adalah:

X1: 50kg
X2: 100kg
X3: 150kg
X4: 200kg

Berikut adalah bentuk sederhana Penjumlahan Σ (x):

Summation Notation

"I = 1" di dasar Σ berarti itu adalah awal dari nilai x pertama Anda. Ini akan menjadi X1 (50kg seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas). "N" di atas Σ berarti bilangan akhir dari nilai yang diberikan ”.

Dalam statistik, n adalah jumlah item dalam kumpulan data tertentu. Jadi, apa yang diminta penjumlahan ini untuk Anda lakukan adalah "menjumlahkan semua nilai x Anda dari yang pertama (" i = 1 ") sampai yang terakhir (n).” Untuk kumpulan data ini, itu adalah:

Summation Example

Untuk menghindari cara manual Anda dapat menggunakan kalkulator jumlah sigma atau Anda dapat menulis seri menggunakan kalkulator notasi penjumlahan dan langsung mendapatkan hasilnya. Jika Anda ingin mempelajari notasi ilmiah dan perannya dalam matematika, temukan Kalkulator Notasi Ilmiah kami.

Apa itu Notasi Sigma?

Notasi Sigma muncul sebagai simbol S, yang diturunkan dari huruf besar Yunani, S. Simbol sigma (S) menunjukkan kita untuk menjumlahkan nilai suatu barisan. Nilai khas dari barisan yang akan dijumlahkan muncul di sebelah kanan simbol sigma dan sigma matematika.

Variabel notasi sigma adalah variabel yang akan dijumlahkan. Dalam kalkulator penjumlahan tak terbatas Anda harus memberikan nilai batas atas dan batas bawah bersama dengan fungsinya.

Variabel notasi sigma diwakili oleh indeks yang diletakkan di bawah simbol sigma. Indeks biasanya diwakili oleh i. (j dan t adalah kemungkinan umum lainnya untuk representasi indeks dalam notasi sigma).

Indeks muncul dalam bentuk ekspresi penyederhanaan i = 1. Indeks mengasumsikan bahwa nilai-nilai urutan dimulai dengan nilai di sisi kanan persamaan dan diakhiri dengan nilai di atas notasi sigma.

  • Titik awal notasi penjumlahan dikenal sebagai notasi penjumlahan batas bawah.
  • Titik berhenti untuk notasi penjumlahan dikenal sebagai batas atas notasi penjumlahan.

Untuk mempelajari batasan secara mendalam, coba Kalkulator Batas kami secara gratis dan untuk menghitung notasi sigma online, gunakan penjumlahan dengan kalkulator notasi fungsi.

Bagaimana cara menghitung Notasi Sigma?

Ada 2 cara untuk menghitung notasi sigma. Salah satunya adalah cara manual dan yang lainnya adalah cara digital. Summation solver atau sigma solver dapat digunakan untuk menghitung notasi sigma secara online. Untuk menghitung notasi sigma atau notasi penjumlahan secara manual, kita harus memiliki hal-hal sebagai berikut:

  • Simbol sigma
  • Batas atas
  • Batas bawah
  • Nomor N (apa yang dijumlahkan)
  • Urutan nilai

Contoh:

what is summation

Kami memiliki 4 nilai:

  • X₁ = 10
  • X₂ = 20
  • X₃ = 30
  • X₄ = 40

Dengan menggunakan persamaan di atas, kita dapat menghitung notasi penjumlahan.

How to find summation

Setelah menjumlahkan semua nilai kita mendapat notasi penjumlahan. Jika Anda bermaksud menghitung deviasi standar dan mempelajarinya, dapatkan bantuan dari Kalkulator Deviasi Standar.

Apa itu Calculatored's Summation Notation Calculator?

Ada banyak sekali konverter dan kalkulator online di Kalkulator. Alat-alat ini membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi siapa pun yang menggunakannya. Kalkulator rumus penjumlahan adalah salah satu alat online yang dirancang untuk siswa matematika.

Kalkulator sigma ini bisa sangat berguna bagi siswa karena mereka dapat menyelesaikan banyak pertanyaan tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu. Mereka juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang penjumlahan dengan kalkulator notasi fungsi karena memberikan hasil yang akurat.

Bagaimana cara menggunakan Kalkulator Notasi Penjumlahan?

Kalkulator notasi sigma adalah penyederhanakan ekspresi. Kalkulator notasi penjumlahan kami dengan variabel sangat sederhana dan mudah digunakan.

How to use Summation Calculator

Untuk menghitung notasi penjumlahan dan properti penjumlahan, Anda harus memasukkan tiga nilai ke dalam kalkulator notasi sigma

  • Batas atas
  • Fungsi
  • Batasan yang lebih rendah

Setelah Anda memasukkan nilai kemudian tekan tombol "HITUNG" dan Kalkulator Penjumlahan akan menghitung penjumlahan urutan.

Ikuti contoh ini untuk mempelajari, cara menggunakan kalkulator notasi penjumlahan.

Summation Calculator

Setelah memasukkan nilai yang sesuai:

  • Batas atas = 5
  • Fungsi = 4x
  • Batas bawah = 1

Tekan tombol "HITUNG" dan Kalkulator Penjumlahan akan menghitung penjumlahan urutan secara instan. Dari sana Anda dapat melihat nilai yang dikembalikan dan juga dapat mengklik tombol Hitung Lagi untuk kalkulasi lainnya.

Untuk pembelajaran & praktik siswa dan guru, kami memiliki kalkulator berguna lainnya seperti Kalkulator Integral & Kalkulator Turunan. Anda dapat menggunakannya untuk pembelajaran lanjutan Anda.

Kami berharap kalkulator notasi sigma kami membantu Anda menghitung persamaan Anda. Tolong beri kami umpan balik Anda sehingga kami dapat meningkatkannya lebih lanjut.


Kirimkan Review Anda

Average user rating

5 / 5

Diniati lea
2021-Aug-25
Saya ingin mengerjakan tugas yg dengan di berikan tanda silang